Tangan -tangan yang mau berkarya, ada disini

Friday, March 27, 2009

Quick Count , quick......., quick......



semua pasti udah ngeh ama yang namanya pemilu tanggal 9 nanti..

nah pasti pada saat itulah, sang tv-tv pemilu di Indonesia rebut-rebutan ama satu acara quick count. sebenernya apa sih quick count itu?


ternyata selain sebuah alat untuk mendapatkan duit dari promosi iklan ini. quick count adalah salah satu aplikasi dari metode sampling pada proses penghitungan suara secara acak. untuk mengira-ngira siapa partai yang bakal menang. atau mungkin dalam hal ini siapa caleg yang banyak dicoblos? tapi ah intinya ramal-ramalan make sample.

kalo menurut ai punya pikiran. yang namanya quick count itu ko rasanya waste money and time ya? coba bayangin, ngapain kita sibuk-sibuk mikirin siapa yang bakalan menang sementara KPU bakalan keluar dengan hasil yang jauh lebih terpercaya mengenai perhitungan tersebut.

kalo dipikir berikut adalah beberapa hal kenapa ai rada kurang setuju ama quick count:

1. membuat harapan melambung bagi sebagian golongan dan menyusut bagi golongan lain.
ini bakalan kita liat kalo saat Partai Asik Aja lagi naik daun di quuick count semua pendukung partai tersebut langsung girang terus pesta-pesta deh, walo kecil-kecilan. sementara partai lain semangatnya langsung turun dan kebersatuannya ilang, mencar-mencar deh anggotanya dan ga berusaha terus menerus meneriakkan nilai yang mereka junjung pada saat kampanye (itu juga kalo bener2 paham nilai-nilai nya hehehe)

2. membuang waktu
yap, hal ini bakalan menyita waktu entah pada si penonton atawa spekulan-spekulan yang sok-sok'an buat ikut-ikutan meramal... padahal jujur deh emang kalo partai jengkol nasional menang di garut ada ngaruhnya ama hidup blogger? atawa hidup tukang jengkol di garut? mungkin sang tukang jengkol seneng dan berharap kaya point satu bahwa jengkol akan menjadi bahan makanan pengganti nasi....
nah kalo kalah? omzet dia buat kebun jengkol bakal terasa sia-sia akhirnya dia menyerah dari pedagang jengkol ke pedagang nangka karena ternyata yang menang partai nangka sejahtera.

3. membuat stabilitas terganggu..
nah ini yang ai anggap paling penting.. pada saat orang tidak tahu bahwa partai tertentu menang di daerah tertentu, para spekulan gak akan bermacam-macam dengan melakukan sesuatu yang ga perlu, misalnya saat partai cinta rupiah menang di beberapa kota, para pemilik dolar serta-merta menjual dolar-dolar mereka, karena katanya kalo partai ini menang yang punya dolar bakal digundulin semua. iya kalo rupiah jadi menguat gara-gara dolar ilang, nah kalo jumlah rupiah malah beredar terlalu besar? inflasi jadinya.
dan besoknya hasil quick count ngeliatin partai cinta dolar malah menang di bagian lain. dolar menguat. bayangin berapa orang yang gantung diri di pasar uang?


so.. kalo menurut guru statistik ai, suatu probabilistik yang merupakan produk substitute dari yang non probabilistik, malah cenderung tidak berguna. dan kalo bahasa gw malah chaos yang terjadi.

kaya gini ,, kalo aja pemerintah ngumumin bakalan ada krisis 5 bulan lagi, apa yang bakal lo lakukan? salah satu yang dilakukan kebanyakan orang, adalah bakalan pada nimbun sembako dari sekarang.

dan tau imbasnya? sembako lebih cepat habis, dan karena langka, maka harganya akan naik dan tau-tau krisis malah terjadi....bingung kan?

sama...

jadi, masih perlukah quick count?

jajaka- yang udah bosen nonton quick count di tv tetangga

2 comments:

  1. quick count yg ga tepat ituu yaa quick count yang dihitung sekarang2 ini waktu pencoblosan *eh pencontrengan* belom dimulai... apa yang mw dihitung coba kalau rakyatnya belom milih?
    hahaha
    *eh sen...blog lw gw link yaa

    ReplyDelete